Senin, 28 Januari 2013

MENGHADAPI UJIAN AKHIR

MEMPERSIAPKAN MENTAL ANAK DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR

Ujian akhir sudah tinggal beberapa bulan lagi.. tetapi kadang kita dipusingkan dengan kondisi anak yang terlihat santai, bahkan tak pernah terlihat memiliki semangat belajar terutama untuk anak-anak usia sekolah dasar yang sama sekali belum pernah merasakan seperti apa ujian akhir itu.
Tidak jarang pula orang tua malah semakin sibuk mencari tempat-tempat bimbel tanpa mengkomunikasikan dan melihat kondisi anak yang sebenarnya.
Orang tua sering kali memaksakan diri demi mendapatkan poin plus memasukan anak-anaknya ke tempat-tempat bimbingan tanpa mempertimbangkan apakah si anak mampu atau tidak, suka atau tidak, nyaman atau tidak dan sebagainya.

Sebaiknya ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan diantaranya adalah :

> Hindari anak belajar dalam kondisi stress
   memaksa anak untuk belajar sementara anak sedang "tidak ingin belajar" akan mengakibatkan anak          
  dalam kondisi tertekan yang akhirnya mereka "terpaksa"belajar menuruti perintah orang tua hanya              
  untuk menyelamatkan hidup.. dalam beberapa kasus selalu muncul kalimat "Daripada dimarahin terus   ya sudahlah belajar"

> Belajar dengan mellibatkan emosi penuh
   Mengetahui keadaan emosi anak sangat penting untuk para orang tua, karena orang tua akan  
mengetahui apakah pada saat anak disuruh belajar mungkin kondisinya sedang marah, sedih atau bahkan sedang gembira.. memahami emosi anak akan lebih mudah membimbingnya dan mengambil keputusan kapan sebetulnya saat yang tepat untuk menyuruh anak untuk belajar.

> Informasi yang diberikan kepada anak adalah gembira
   Berikan pengertian tentang apa itu ujian akhir kepada anak dengan tidak melebih-lebihkan menakuti    
   atau dengan memberikan sanksi yang berlebihan tentang ujian akhir.

Pada dasarnya kemampuan anak dalam belajar dan cara belajar yang membuat anak konsentrasi  pelajaran terbagi tiga .

Kemampuan belajar  Audio
Yaitu dimana saat anak belajar terbiasa dengan cara dijelaskan, melalui cerita, dalam hal ini peran guru dan orang tua sangat dominan. 80 % anak -anak terbiasa belajar dengan cara seperti in dan cenderung menjadi anak yang pasif.

Kemampuan belajar secara Visual
Anak dengan kebiasaan seperti ini belajarnya cenderung melalui apa yang dilihatnya, mengingat pelajaran dengan menggunakan media warna seperti anak mudah mengingat ketika membaca salah satu pelajaran dimana sebagian hurufnya menggunakan warna merah, biru, dan yang lainnya, atau mengingat melalui bentuk gambar.

Kemapuan belajar secara kinestetik
Biasanya anak seperti ini dalam menyerap pelajaran selalu membutuhkan konsentrasi yang tidak biasanya, semua anggota tubuh berperan seperti dia akan bisa memahami pelajaran sambil menggerak-gerakn kaki, mengetuk-ngetukan pensil diatas meja, atau mungkin sambil mendengarkan musik. Anak yang memiliki kebiasaan seperti ini akan lebih sulit mengerjakan soal-soal karena untuk menumpahkan  ingatan pelajaran dalam pikiran yang sudah diserapnya anak butuh media sesuai kebiassaannya.

Perkembangan Anak 
Sebagai orang tua seharusnya selalu memperhatikan kebiasaan anak. Ada beberapa hal mengapa anak menjadi malas untuk belajar.
- Apa yang membuat anak menjadi mood untuk belajar.
   mencari tahu kebiasaan anak saat anak benar-benar semangat dalam belajar, hal ini memudahkan 
   orang tua untuk meminta anak serius belajar.

- Jelaskan konsekuensi, sebab akibat ketika anak malas belajar dengan bahasa yang ringan dan mudah 
   dicerna oleh si anak.

Strategi Mengahadapi UN

1. Mendo'akan dan memberi semangat
2. Selalu berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai kondisi belajar anak
3. Memahami POS (Procedur Operational Standard) Standar Ujian
4. Kontrol dan bantu anak-anak untuk menata waktu mereka membagi waktu 24 jam menjadi 5 prioritas
    > Prioritas pertama waktu untuk diri sendiri
    > Prioritas kedua waktu untuk teman
    > Prioritas ketiga waktu untuk keluarga
    > Prioritas keempat waktu untuk masa depan (dalam hal ini belajar)
    > Prioritas kelima waktu untuk yang memberi kehidupan (shalat 5 waktu, menjadi prioritas ke 5 
       karena waktunya sudah diketahui dan tidak berubah)

Persiapan Anak.
Mempersiapkan anak tidak melulu dengan menyuruhnya belajar tetapi juga mempersiapkan dalam segala hal seperti
1. Persiapan fisik
    Dengan istirahat dan olahraga yang teratur, waktu tidur yang cukup.
2. Persiapan mental.
    Mempersiapkan anak dalam segi psikologi, tidak memarahi anak dengan melakukan kekerasan fisik 
    maupun secara oral dengan makian atau kata-kata yang menyakiti hati anak.
3. Pencarian Informasi
   Berusaha semaksimal mungkin mendapatkan informasi tentang soal-soal ujian, baik berupa kisi-kisi 
   mendapatkan latihan soal ujian yang diberikan guru.

Perasaan cemas dalam menghadapi ujian itu wajar, tetapi orang tua juga harus pandai mengarahkan perasaan cemas itu menjadi perasaan cemas yang positif, karena hampir semua anak yang menghadapi ujian memiliki kekhawatiran akan takut gagal ujian. Sebenarnya tidak ada kegagalan dalam ujian, yang ada adalah kegagalan dalam belajar.

Bagaimanapun setiap orang tua selalu menginginkan anaknya mendapatkan nilai ujian yang baik, jadi untuk mewujudkan semua itu tidak perlu semuanya dibebani kepada anak, tetapi kita sebagai orang tua harus berusaha pula semaksimal mungkin menjadi orang tua yang baik yang bijaksana dalam menyikapi karakter anak.

GOODLUCK. Yukawira.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar